Narasi Tunggal  Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021

Ingat, ….!!!

Setiap tanggal 26 April, Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB)

“Lakukan Simulasi Bencana Secara Rutin di Daerah-Daerah yang Rawan Bencana”

Siap Untuk Selamat

Latihan Membuat Kita Selamat dari Bencana

Budaya Sadar Bencana

Potensi bencana di wilayah Indonesia cukup tinggi. Dalam kurun waktu belakangan ini telah beberapa kali terjadi bencana di wilayah Indonesia. Selain itu, saat ini Pandemi COVID19 yang merupakan bagian corona virus disease 2019 (COVID-19) sedang berlangsung di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Dari sisi kesiapsiagaan harus disiapkan upaya-upaya yang dapat meningkatkan kapasitas masyarakat menuju masyarakat yang lebih tangguh dalam menghadapi kemungkinan risiko bencana yang dapat terjadi.

Menindaklanjuti arahan Presiden RI Ir. Joko Widodo pada acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di Istana Negara, “Lakukan Simulasi Bencana Secara Rutin di Daerah-Daerah yang Rawan Bencana”, selanjutnya implementasi arahan tersebut diselenggarakan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 dengan Tema: “Siap untuk Selamat”, dan sub tema : “Latihan Membuat Kita Selamat dari Bencana”.

Pemerintah melalui inisiasi BNPB mencanangkan untuk pertama kalinya pada tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana di tahun 2017. Tanggal tersebut dipilih untuk memperingati momen bersejarah kesadaran masyarakat Indonesia, terkait ditetapkannya UU No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Berikut pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dari tahun ke tahun, sbb :

Tahun (2017) – Pencanangan Hari Kseiapsiagaan Bencana, berdasarkan data partisipasi yang masuk ke panitia saat itu sebanyak 10.500.000 orang ikut dalam kegiatan HKB tersebut. Selanjutnya pada Tahun (2018) – Lebih dari 10.000.000 orang dari seluruh Indonesia ikut ambil bagian dalam kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana pada tahun tersebut. Dan pada Tahun (2019) – Sebanyak 53.000.000 orang peserta ikut berpartisipasi dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana yang pada waktu itu dipusatkan di Lembang Bandung.

Tahun (2020) & (2021) – Masih dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2020,lebih kepada sosialisasi percepatan penanganan pandemic Covid-19, penerapan protokol Kesehatan.

Memandang pentingnya upaya kesiapsiagaan bencana di tengah upaya percepatan penanganan Covid-19 melalui peningkatan kesadaran masyarakat, maka dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) BNPB akan melaksanakan rangkaian kegiatan yang merupakan aktivitas utama yang diikuti oleh seluruh kalangan dan masyarakat. Diharapkan partisipasi semua pihak untuk turut serta dalam membentuk masyarakat yang lebih Tangguh dalam menghadapi bencana.

Tujuan HKB 2021  : “Membangun kesadaran dan kewaspadaan bencana pada tingkat keluarga di masa pandemi Covid- 19” Dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi pada Keluarga Tangguh bencana diharapkan setiap keluarga dapat mengedukasi anggota keluarga, lingkungan dan anggota masyarakat lainnya sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan kesiapsiagaan bencana ditengah Covid 19 di Indonesia.

Tema utama HKB 2021 adalah “Siap Untuk Selamat”. Dan sub tema HKB 2021 “Latihan Membuat Kita Selamat dari Bencana”. Belajar dari pengalaman penanganan bencana, bahwa keluarga mempunyai peran penting dalam mengedukasi, wahana sosialisasi tentang pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Pembagian peran anggota keluarga dalam proses evakuasi atau penyelamatan ini perlu selalu di update, mengingat jalur titik kumpul atau tas siaga akan berbeda pada masa pandemi ini..

Pesan Kunci Pesan kunci pada HKB 2021 adalah:

1. Kenali bahayanya

2. Kurangi risikonya

3. Ketahui tempat evakuasi

4. Latihan Bersama keluarga

5. Tetap terapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas/Latihan.

Tagar (#) yang digunakan:

#SiapUntukSelamat

#HKB2021 

#HKB26April

#LatihanMembuatKitaSelamat

#SemuaSiapSemuaSelamat

#TangguhHadapiBencana

#BudayaSadarBencana

#KitaJagaAlamAlamJagaKita

Sumber : Official Media Social Panitia Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021

Website : https://siaga.bnpb.go.id/hkb/