Sosialisasi Penanggulangan Bencana di Kota Yogyakarta

Pada hari Selasa, 14 September 2021 bertempat di Pendopo Kemanten Umbulharjo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta bersama BPBD D.I Yogyakarta mengadakan Sosialisasi Penanggulangan Bencana di Kota Yogyakarta wilayah Kemantren Umbulharjo.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dan relawan di wilayah Kemantren Umbulharjo dengan menghadirkan narasumber Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Drs. Nur Hidayat, M.Si, dan Kepala Bidang Logistik dan Peralatan BPBD D.I. Yogyakarta R Ali Sadiqin, SH

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Drs. Rumpis Trimintara selaku Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo dengan menyampaikan beberapa hal salah satunya program vaksin yang ada di wilayah Kemantren Umbulharjo.

Materi yang pertama disampaikan Bapak Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Drs. Nur Hidayat, M.Si, terkait Kesiapsiagaan Penanganan Bencana mulai dari Bencana Alam, Bencana Nonalam dan Bencana Sosial.

Materi yang kedua disampaikan oleh Kepala Bidang Logistik dan Peralatan BPBD D.I Yogyakarta R Ali Sadiqin, SH yaitu terkait bencana berupa wabah covid-19 yang harus di tangani oleh Pemerintah saja akan tetapi dukungan dari masyarakat sangatlah penting. Beliau juga menyampaikan agar masyarakat berhati-hati dalam menanggapi informasi yang belum tentu benar (Hoax) yang dapat memicu perpecahan, baik itu antar individu maupun antar kelompok tertentu serta membuat keresahan di masyarakat sekitar.