BPBD Kota Yogyakarta: Bangun Ketangguhan Masyarakat melalui Peringatan HKB 2022

YOGYAKARTA- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Lembaga yang menginisiasi Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) direspon oleh BPBD Kota Yogyakarta secara serius menggelar peringatan HKB 2022 dengan mengusung tema “Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana”. Peringatan HKB 2022 dilakukan di BPBD Kota Yogyakarta pada Selasa, 26 April 2022 di Halaman BPBD Kota Yogyakarta Jalan Gambiran No. 26 Kota Yogyakarta.

Acara ini dipimpin langsung oleh Bapak Drs. Nur Hidayat, M.Si., selaku Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta dengan didampingi oleh Bapak M. Agus Maryanto, SE., M.Si. selaku Sekretaris BPBD Kota Yogyakarta. Sesuai dengan SE Gubernur DIY Nomor 360/6039 tentang Pelaksanaan Kegiatan Simbulasi Evakuasi Bencana di DIY maka BPBD Kota Yogyakarta melakukan:

  1. Sosialiasi, edukasi, dan kampanye HKB 2022 melalui kanal sosial media;
  2. Meningkatkan keterampilan dan kapasitas baik dalam lingkungan keluarga maupun warga atau masyarakat dengan berbagai macam pendidikan serta pelatihan.
  3. Melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana keselamatan, menyusun dan uji prosedur tetap (protap) kesiapsiagaan, kesigapan personil, dan logistik peralatan kebencanaan.
  4. Melakukan latihan penyelamatan/ simulasi kebencanaan, evakuasi mandiri, pengecekan peta dan rambu jalur evakuasi serta tempat evakuasi pada sekaligus menguji/ aktivasi sistem dan alat peringatan diri secara sertak pada pukul 10.00 WIB.

Acara ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh Pegawai BPBD Kota Yogyakarta, lintas aktor, dan masyarakat. Harapannya, melalui HKB 2022 mampu membangun ketangguhan masyarakat. Membangun bangsa yang tangguh adalah sesuatu yang tidak mustahil jika ada dukungan dan komitmen bersama oleh lintas aktor. Salam Tangguh! Siap Untuk Selamat!