Kajian Risiko Bencana: Jalan Menuju Kota Yogyakarta yang Aman dan Tangguh Bencana

YOGYAKARTA-Sehubungan dengan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang perlu ditingkatkan di BPBD Kota Yogyakarta maka BPBD Kota Yogyakarta berkomitmen untuk meningkatkan peforma pelayanan publik prima, salah satunya dengan Penyusunan Kajian Risiko Bencana. Bekerjasama dengan Pusat Studi Manajemen Bencana UPN Veteran Yogyakarta, BPBD Kota Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Akhir Kajian Risiko Bencana pada Kamis, 2 Juni 2022 di Hotel Gaia Cosmo Yogyakarta. Acara ini diikuti oleh lebih dari 50 Perangkat Daerah/Unit Kerja baik internal Pemerintah Kota Yogyakarta maupun eksternal Pemerintah Kota Yogyakarta.

Acara yang dibuka oleh Bapak Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta selaku Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Bapak Ir. Aman Yuriadijaya, MM. dan disambut oleh Bapak Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta, Bapak Drs. Nur Hidayat, M.Si. berlangsung lancer dan produktif. Seminar ini bertujuan untuk menfasilitasi proses deseminasi serta mengakomidasi input kontrukstif bagi penyempurnaan dokumen hasil kajian risiko bencana Kota Yogyakarta. Sedangkan secara rinci tujuannya meliputi;

  1. BPBD dan para pemangku kepentingan di Kota Yogyakarta memperoleh informasi tentang peta risiko bencana dalam hubungannya dengan komitment daerah untuk pengembangan tata-ruang bagi pembangunan yang berkelanjutan.
  2. BPBD dan para pemangku kepentingan di Kota Yogyakarta mendapatkan informasi tentang rekomendasi kebijakan, baik kebijakan yang bersifat administratif maupun kebijakan teknis.
  3. BPBD dan para pemangku kepentingan di Kota Yogyakarta memberikan gagasan-gagasan konstruktif atas dokumen Kajian Risiko Bencana serta Peta Risiko Bencana Kota Yogyakarta.
  4. Tim Kajian Risiko Bencana Kota Yogyakarta mendapatkan masukan bagi penyempurnaan dokumen kajian risiko dan peta risiko bencana Kota Yogyakarta 2022-2026.

 

Dengan adanya Seminar ini diharapkan sinergitas lintas aktor baik Pemerintah Kota Yogyakarta, Kampus, Kampung, Komunitas, dan Korporasi dapat terjalin dengan baik dan mewujudkan good governance (tata Kelola pemerintah yang baik) di Yogyakarta. Salam Tangguh! Siap Untuk Selamat!

Content Writer: Grezia E.N.P.