OPTIMALISASI TIM REAKSI CEPAT PENANGGULANGAN BENCANA KOTA YOGYAKARTA

Untuk meningkatkan respon pemerintah dalam memberikan pelayanan penanggulangan bencana kepada masyarakat khususnya pada saat keadaan darurat maka dibentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Kota Yogyakarta. Upaya ini untuk mewujudkan kolaborasi pemerintah dan non-pemerintah dalam pemenuhan layanan kepada masyarakat pada setiap kejadian bencana.

BPBD Kota Yogyakarta Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Daerah Kota Yogyakarta 2022. Bimtek dibuka langsung oleh, Sekretaris Daerah Bpk. Ir. Aman Yuriadijaya, M.M selaku Kepala BPBD Kota Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 23 dan 24 November 2022, berlokasi di Ruang Rapat Arjuna Lt.03 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Balaikota Yogyakarta, Jalan Kenari No.56 Kota Yogyakarta. Adapa pun kegatan ini didampingi oleh Pusat Studi Manajemen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Dalam pembukaan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta Bpk. Drs. Nur Hidayat, M.Si menyampaikan, bahwa berdasarkan Surat kementrian dalam negeri Surat Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri Nomor : 360/1809/BAK, Tanggal 4 april 2022, perihal : Pembentukan Tim reaksi cepat (TRC) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/kota di seluruh Indonesia dan menindaklanjuti Surat Kepala BNPB Nomor B-725/BNPB/SU/PR.02.01/ 03/2022 tanggal 9 Maret 2022 perihal tindak lanjut Hasil Rakornas PB 2022 yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2022 untuk meningkatkan respon pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan penanggulangan bencana kepada masyarakat khususnya pada saat keadaan darurat, maka perlu dilakukan upaya membangun kesiapsiagaan di daerah dengan melibatkan multisektor yang terkait.

Disampaikan juga nantinya setelah diadakan bimbingan teknis TRC-PB ini di lingkungan Pemerintah Kota akan terbentuk TIM TRC-PB Kota Yogyakarta dimana anggotanya keterlibatan antara lain adalah Unsur Instansi/OPD di pemerintah Kota Yogyakarta dan Unsur Institusi di luar Pemerintah Kota Yogyakarta.

Bapak Ir. Aman Yuriadijaya, MM., selaku Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta menyampaikan rasa syukur atas terlaksana kegiatan bimbingan teknis TRC-PB ini dengan harapan membangun konstruksi penanggulangan bencana di Kota Yogyakarta. Beliau menekankan bahwa TRC-PB versi baru ini lebih mampu memuat kolaborasi unsur multi sektor sehingga bencana menjadi urusan publik yang mampu dihadapi bersama-sama. Disampaikan juga bahwa BPBD Kota Yogyakarta memiliki fungsi koordinatif dalam penanggulangan bencana. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menciptakan kesepakatan untuk memperkuat pelembagaan dan tatalaksana penanggulangan bencana. Bapak Sekretaris Daerah berharap TIM TRC-PB ini dapat memastikan sehatnya proses interaksi dan menciptakan semangat berkolaborasi dan membangun jejaring yang lebih luas. Salam Tangguh!