Hari Kesiapsiagaan Bencana 2023

Pemerintah melalui BNPB mencanangkan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada tanggal 26 April. Inisiasi dari BNPB menjadikan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana tersebut bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana. Tanggal 26 April ini dipilih sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana karena berkaitan dengan ditetapkannya Undang-Undang No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Tema Hari Kesiapsiagaan tahun 2023 yaitu "Tingkatkan Ketangguhan Desa, Kurangi Risiko Bencana".

BPBD Kota Yogyakarta menggelar peringatan HKB 2023 pada hari Rabu, 26 April 2023 pukul 10.00 WIB di Halaman BPBD Kota Yogyakarta Jalan Gambiran No. 26, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Acara ini dipimpin langsung oleh Bapak Drs. Nur Hidayat, M.Si., selaku Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta dengan didampingi oleh Bapak M. Agus Maryanto, SE., M.Si. selaku Sekretaris BPBD Kota Yogyakarta. Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tersebut diikuti oleh segenap karyawan dan karyawati BPBD Kota Yogyakarta. 

Dalam rangka turut serta memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana seluruh Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta melalui Kelurahan meminta dukungan Kampung Tangguh Bencana se-Kota Yogyakarta untuk turut serta membunyikan tanda kentongan, sirine atau lonceng secara serentak pada hari Rabu tanggal 26 April 2023 pukul 10.00 waktu setempat. BPBD Kota Yogyakarta juga menghimbau masyarakat untuk melakukan latihan evakuasi mandiri segera menuju tempat aman agar kita selalu siap dan selamat dari bencana. Dengan pembentukan Kampung Tangguh Bencana, Forum Kampung Tangguh Bencana maka diharapkan kita dapat menuju masyarakat Kota Yogyakarta Tangguh Bencana.