PELATIHAN PENGGUNAAN VERTICAL RESCUE KTB

Yogyakarta 22 Februari 2024 – Relawan Kampung Tangguh Bencana ( KTB ) sebagai garda terdepan dalam merespon kejadian bencana di tengah kampung atau permukiman harus memiliki kemampuan dan keterampilan khususnya pada penggunaan peralatan evakuasi. Salah satu peralatan evakuasi yang telah dimiliki KTB Kota Yogyakarta adalah vertical rescue.

Untuk itu BPBD Kota Yogyakarta bekerjasama dengan BPBD DIY melaksanakan pelatihan vertical rescue sebagai wujud upaya meningkatkan kapasitas relawan Kampung Tangguh Bencana Kota Yogyakarta yang dimulai hari Rabu tanggal 21 Februari 2024.

Kegiatan pelatihan di buka oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Drs. Nurhidayat, M.Si dan di hadiri Kepala Pelaksana BPBD DIY Drs. Noviar Rahmad, M.Si didampingi oleh Kepala Bidang PK DIKK BPBD Kota Yogyakarta dan Kepala Bidang Kedaruratan BPBD DIY.

Pada kesempatan tersebut Drs. Nurhidayat, M.Si  menghimbau kepada peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh karena ini adalah pelatihan yang sangat dasar sekali dan tentunya diperlukan pelatihan-pelatihan lanjutan sebagai tahapan tingkat kemahiran individu.

Dalam kesempatan yang sama Drs. Noviar Rahmad, M.Si menyambut baik dan mendukung pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dengan menyiapkan tempat serta instruktur. Beliau mengharapkan pasca pelatihan dasar ini dipersilahkan relawan KTB Kota Yogyakarta yang menginginkan pelatihan lebih lanjut untuk tidak segan berlatih di BPBD DIY. 

Pelatihan relawan KTB Kota Yogyakarta ini diikuti sejumlah  ± 90 orang yang rencananya akan di bagi menjadi 3 angkatan dan akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu :

  1. Hari Rabu tanggal 21 Februari 2024 untuk KTB Rintisan Tahun 2024
  2. Hari Kamis tanggal 22 Februari 2024 untuk KTB Rintisan Tahun 2022
  3. Hari Senin tanggal 26 Februari 2024 untuk KTB Rintisan Tahun 2021

Instruktur pelatihan adalah personil Tim Reaksi Cepat ( TRC ) BPBD DIY yang telah berpengalaman serta memiliki sertifikasi instruktur.