KTB NYUTRAN ADALAH YANG TERBAIK!!!!!

 

Mergangsan, Sabtu 8 Juni 2024

Warga Kampung Nyutran tiba-tiba berlarian menyelamatkan diri dan berteriak ‘gempa! Gempa! Gempa!’. Semua warga berhamburan keluar rumah. Relawan KTB Nyutran berjibaku menyelamatkan korban gempa menggunakan berbagai peralatan sederhana. Ada yang menggunakan gerobak celeng dan ada yang menggunakan tandu. Seluruh warga dan korban gempa dibawa ke lapangan titik kumpul. Ketua KTB Nyutran kemudian mengumpulkan semua pengurus KTB untuk mengkoordinir dan membagi ketugasan, dilanjutkan melaporkan kejadian bencana kepada Lurah Kelurahan Wirogunan.

Sementara itu seksi evakuasi terus melakukan penyisiran untuk mencari korban gempa didalam kampung. Dalam penyisiran ditemukan orangtua, wanita hamil dan ODGJ.  

Seksi prasarana segera menyiapkan tenda darurat pengungsian. Kemudian Seksi dapur umum menyiapkan permakanan.

Ditengah upaya evakuasi dan penyelamatan korban gempa, tiba-tiba seksi keamanan dibantu personil Bhabinkamtibmas dan Babinsa menangkap pencuri yang beraksi di rumah warga yang sedang mengungsi. Kejadian ini segera dilaporkan ke Polsek Mergangsan.

Itulah sebagian aksi teatrikal simulasi gempa bumi KTB Nyutran yang dihadiri oelh Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan, Danramil Mergangsan, Kapolsek Mergangsan, Kepala UPT Puskesmas Mergangsan, Ka Bidang PK DIKK BPBD Kota Yogyakarta, Lurah Wirogunan, tokoh Masyarakat dan warga kampung Nyutran.

Selesai simulasi dilaksanakan apel pengukuhan pengurus KTB Nyutran, dalam sambutannya Danramil Mergangsan Mayor Inf Sriyanto, S.H mengatakan bahwa kegiatan simulasi KTB Nyutran adalah yang terbaik. ‘ aksi simulasi KTB Nyutran ini adalah yg terbaik selama saya menghadiri giat simulasi di kemantren Mergangsan’ tegasnya. ‘ Kekompakan dan aksi teatrikalnya sangat menjiwai’ imbuhnya.

Hal yang sama juga dinyatakan oleh Ka Bidang PK DIKK BPBD Kota Yogyakarta Aki Lukman dalam sambutannya pada pengukuhan Pengurus KTB Nyutran ‘ini adalah KTB yang ke 161 dengan aksi simulasi bencana yang terbaik se-kota Yogyakarta’ tegasnya yang disambut tepuk tangan warga Kampung Nyutran. ‘ Saya telah mengawal pembentukan KTB sejak tahun 2021, dan KTB Nyutran ini adalah yang paling bagus, indikatornya dari partisipasi warga, kreatifitas peserta dan fasilitas yang digunakan’ tambahnya.

Pengukuhan pengurus KTB Nyutran dilanjutkan dengan penyerahan SK KTB Nyutran dari Lurah Wirogunan dan pengalungan ID Card pengurus oleh Forkompimtren Mergangsan.