BIMBINGAN PENGKAJIAN KEBUTUHAN PASCA BENCANA (JITUPASNA) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2024

BPBD Kota Yogyakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kajian Kebutuhan Pascabencana (JITUPASNA) yang berlangsung di Hotel Jambuluwuk Jl. Gajah Mada No.67, Purwokinanti, Pakualaman, selama 2 hari dari tanggal 14 s/d 15 Mei 2024. Acara ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari seluruh Kelurahan di wilayah Kota Yogyakarta, OPD terkait, dan Pendamping Penanggulangan Bencana BPBD Kota Yogyakarta. Bimtek ini bekerjasama dengan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sebagai narasumber dan fasilitator.

Maksud dan tujuan dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kapasitas ASN, pemangku wilayah Kelurahan, OPD terkait, dan Pendamping PB dalam melakukan kegiatan pengkajian dan penilaian kerusakan, analisis dampak, perkiraan kebutuhan pascabencana sehingga pemberian bantuan sesuai dengan nilai kebutuhan rehabilitasi pascabencana.  

Dengan terlaksananya Bimtek JITUPASNA ini, diharapkan dapat menambah wawasan peserta terkait kebijakan pengkajian kebutuhan pascabencana di wilayah secara optimal.