PEMBUKAAN SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA DI SD NEGERI KOTAGEDE 1

Yogyakarta, 16 Juli 2024. Sekolah adalah komunitas belajar dengan organisasi siswa sebagai partisipasi belajar, tenaga kependidikan guru dan non-guru, termasuk juga Komite Sekolah yang didalamnya sebagai wahana partisipasi masyarakat di dalam Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah (MPBS). Sekolah memiliki tanggungjawab dan peran strategis untuk menjamin keselamatan warga sekolah dalam menghadapi ancaman/bencana. Selain mengancam komunitas, dampak lanjutan bencana pun mengancam anak-anak dengan terganggunya hak anak dalam mendapatkan pelayanan pendidikan. Partisipasi aktif dari seluruh warga sekolah dapat didorong melalui program, kegiatan baik terintegrasi dalam pembelajaran maupun secara ekstra kurikuler.

Implementasi materi PRB ke dalam kurikulum sekolah juga sebagai pemenuhan hak masyarakat untuk mendapatkan perlindungan sosial dan rasa aman, khususnya bagi masyarakat kelompok rentan. Namun demikian, belum juga adanya jaminan bahwa masyarakat bebas dari ancaman bencana. Hal tersebut masih diperlukan komitmen yang tinggi dari seluruh komponen  pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Berlandaskan hukum pada Peraturan Kepala BNPB nomor 4 tahun 2012 tentang Pedoman Penerapan Sekolah/Madrasah Aman Bencana, BPBD Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga telah mengembangkan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) untuk mempercepat peningkatan kapasitas bagi masyarakat/sekolah menuju kemandirian  dalam penanggulangan bencana.

Pada tahun 2024 ini, BPBD Kota Yogyakarta akan melaksanakan pembentukan SPAB untuk 4 sekolah SD negeri dan 4 Sekolah SMP Negeri. Penentuan sekolah tersebut berdasarkan usulan tertulis dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Kegiatan pembentukan SPAB dimulai pada hari Selasa tanggal 16 Juli 2024 di SD Negeri Kotagede I Yogyakarta yang akan berlangsung selama 3 hari, yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SD Negeri Kotagede I Yogyakarta.

Kegiatan ini di buka oleh Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Data Informasi Komunikasi Kebencanaan BPBD Kota Yogyakarta Aki Lukman N H , ST, MT

Pemateri pada kegiatan ini adalah Dr. Zela Septikasari, M.Pd, M.Sc